Sayatan Batuan Beku [PPL dan XPL]

18 komentar


Assalamu'alaikum....
Setelah ujian petrografi kemarin telah dilaksanakan dan tugasnya pun belum terselesaikan, saya teringat untuk mengupdate post tentang petrografi....

Banyak alamat web / blog yang menjelaskan berbagai definisi dan karakteristik dari sayatan tipis batuan yang ddiamati secara petrografis... Namun kali ini saya hanya akan menyediakan gambar sayatan batuan bila dilihat melalui mikroskop polarisator.

apa yang dimaksud dengan mikroskop polarisator?.. silahkan teman-teman cari di mbah google, pasti banyak sumber-sumber yang muncul.

Nah, berikut ini ada beberapa sampel sayatan batuan BEKU BASA - ASAM yang saya dapat dari sumber yang insya Allah tidak menyesatkan, hehehe

Pada gambar dibawah ini saya sediakan dua pengamatan secara paralel nikol dan nikol silang. Silahkan arahkan kursor ke gambar... dari yang awalnya paralel nikol akan berubah ke nikol silang...


PERIDOTIT




TROCTOLITE





DOLERITE




ANDESITE





TRACHYTE




QUARTZ DIORITE




SYENITE




Semoga bermanfaat . . .

Sumber
kalo gak ada penjelasan rada gimana gitu, maklum bukan jurusannya hehe jadi gak ngerti hehee
maklum bang randy, ni masih dalam suasana uas.... jadi blum sempet bikin post detail(kayak punya sobat)... hehehehe
Wah keren neh, ble juga ni blog jadi bahan rekomendasi untuk adik2 tingkatku he,,he,, makasih dah berkunjung ke blogku.
sama2 bang.... blog ini saya buat untuk mencurahkan ilmu yang saya dapat... walaupun lewat blog... hehehe
wah.. ini blognya khusus geologi semua,, sukses bro :)
artikel dsini emg kren2,
kbtulan saya jga suka sm geologi mas, hehe :D
templatenya minimalist euyyyy ;)
Iya, penjelasannya/alesannya ada gk? masih rada bingung ane 7:(
Belum begitu jelas, malah bisa dikatakan aku gk paham,hehe....
Sebagai gambaran umum, petrografi adalah cabang dalam ilmu geologi yang didalamnya dikaji mengenai deskripsi mineral-mineral penyusun batuan secara mikroskopis, yakni melalui sayatan tipis batuan dan alat bantu pengamatan Mikroskop polarisator.

mikroskop polarisator itu sendiri akan membiaskan warna yang masuk melewati sayatan batuan itu dalam kenampakan yang beragam, sesuai dengan jenis mineralnya. dan akan diketahui mineral apakah itu, berapa persen jumlahnya, dan akhirnya untuk penamaan batuan yang diamati...

terima kasih kawan, tanggapannya
mungkin untuk orang awam hal ini sulit dimengerti, tapi ini materi lanjutan dari ilmu Geology. silahkan baca artikel saya yang lain saja sobat, bila yg ini belum paham. kecuali anak geologi....

but, terima kasih sudah mau memahaminya
tambahan, dan script 'on mouseovernya' udah ga berfungsi, nanti saya perbaiki lagi, Insya Allah
kak, kalo yang dimaksud objek sayatan tipis batuan apa yah? makasih :)
Tujuan dari melakukan sayatan tipis batuan adalah untuk mengetahui secara pasti mineral apa yang menyusun batuan tersebut...

Nah, bila sudah disayat batuan tersebut, akan diketahui pula presentase dari tiap-tiap mineralnya. bila presentase kita ketahui, maka kita bisa mendeterminasi / memberi nama batuan tersebut sesuai karakteristik mineral yang dikandungnya.

Untuk objek tentu adalah mineral-mineral, penyusun batuan tersebut
terima kasih tanggapannya mbak
Terima kasih sobat, semoga hal-hal yang saya bagikan di sini dapat bermanfaat

Terima kasih sobat, semoga hal-hal yang saya bagikan di sini dapat bermanfaat

earth-inside